---- SAVE TOBA LAKE ---- HORAS ---- MEJUAH - JUAH ---- NJUAH - JUAH ---- YA'AHOWU ---- SELAMAT DATANG DI BLOG WISATA ALAM DANAU TOBA ---- Dalam hari bumi sedunia, ayo lindungi bumi kita dari bahaya yang mengancamnya. Mari kita bersama - sama untuk menanam pohon, cegah efek rumah kaca, stop pembalakan liar, hemat energi bumi, stop pembuangan limbah ke dalam aliran sungai. Selamatkan bumi kita dari pemanasan global ---- Ayo saudaraku, dukung terus pariwisata Sumatera Utara. Mari berperan dalam mempromosikan wisata danau Toba dan wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara ---- jika anda pingin tukeran link,silahkan add duluan link aku.Lalu konfirmasi melalui shoutmix di blog ini.Nanti akan saya add balik link anda.Terimahkasih sebelumnya ---- Bila anda ingin berkunjung ketempat objek wisata alam danau TOBA dan sekitarnya namun anda tidak mempunyai sanak-saudara di sumatera utara untuk tempat anda singgahi, saya dapat membantu anda untuk mencari penginapan sesuai dengan badget anda dan orang yang bisa memandu anda di sana nantinya, hubungi saya melalui email : renato.bastian45@gmail.com ---- Bagi anda yang ingin dibantu dalam mengiklankan produknya di blog ini, segera hubungi saya di email : renato.bastian45@gmail.com, saya akan bantu anda untuk mengiklankan produk anda di blog ini seperti iklan yang ada pada blog ini. Bagi saudara-saudaraku yang berasal dari tano bona pasogit, bila anda mempunyai informasi terbaru tentang seputar danau toba dan objek wisata yang lain di sumatera utara, segera kirimkan informasi anda melalui email : renato.bastian45@gmail.com, informasi anda sangat dibutuhkan dalam mempromosikan pariwisata sumatera utara. ---- SAVE TOBA LAKE ----

12 May 2009

MANURUNG DAN SIMAMORA MARPADAN ?


**** HORAS **** HORAS **** HORAS **** HORAS **** HORAS ****



Postingan kali ini spesial banget untuk sahabat blogger aku ABANG BATAX yang pingin banget dicarikan informasi tentang hubangan marga manurung dan simamora. Kebetulan sekali aku dapat sedikit informasi tentang hubungan kedua marga tersebut. Namun bagi pembaca yang lebih mengetahui hubungan yang sebenarnya dan dianggap salah, kiranya hendak memberikan informasi yang sebenarnya. Thanks banget buat sebelumnya.

Menurut para cerita orang tua batak zaman dahulu, hubungan marga manurung sangatlah erat dengan marga simamora. Namun hubungan keduanya tersebut tidaklah untuk semua golongan dari setiap masing-masing marga. Hubungan antara marga manurung dengan marga simamora sebenarnya adalah marpadan atau dalam istilah bataknya sama dengan appara atau pun dengan bahasa Indonesianya adalah sama. Yang perlu anda ketahui bahwa hanya marga simamora yang golongan DEBATA RAJA lah yang dapat manjalani hubungan marpadan tersebut.

Wah, mungkin anda semakin tidak mengerti akan maksud semua ini. Mungkin anda juga pingin mengetahui bagaimana asal mula hubungan kedua marga tersebut terjadi? Baiklah saya akan menceritakan sedikit yang saya kerahui dari cerita orang tua dulu. Dahulu kala ada seorang marga manurung yang pergi merantau ke daerah dolok sanggul yang merupakan kampung halaman marga simamora DEBATA RAJA. Namun karena mungkin simarga manurung tersebut sukses dikampung itu dan dikenal baik oleh keturunan marga Simamora DEBATA RAJA maka keturunan marga Simamora DEBATA RAJA tersebut menjadikan marga manurung itu menjadi anak angkat keturunan marga Simamora itu atau dengan kata lain marga manurung tersebut menjadi bagian anggota keturunan marga Simamora tersebut. Makanya hingga sekarang setiap marga manurung dan marga Simamora DEBATA RAJA selalu menganggap mereka adalah sama atau "MARPADAN". Tapi keaslian cerita orang tua ini kurang jelas keasliannya karena cerita ini tidak mempunyai sumber yang kuat dan hanya diceritakan melakui mulut ke mulut.

Wah, mungkin bagi anda yang bukan orang batak tidak mengerti akan cerita ini namun perlu anda ketahui bahwa setiap marga dari orang batak mempunyai hubungan yang erat satu dengan yang lainnya. Inilah yang menyebabkan mengapa orang batak mempunyai hubungan yang amat erat dan ada rasa kebanggaan akan menjadi orang batak. Eits, jangan berpikiran kalau postingan ini merupakan ajang narsisme atau bersifat sukuiesme. Tapi petiklah pelajaran dari semua ini.

Mungkin hanya samapai disini saya bisa menjelaskan sedikit informasinya. Kiranya dapat bermanfaat bagi kita semua agar memperluas wawasan budaya Nusantara kita. kalau ada tulisan ini yang tidak berkenan di hati anda kiranya anda memberitahukan kepada saya melalui email : renato_bastian@plasa.com. Sekian dan terima kasih. GOD BLESS US.

No comments: