---- SAVE TOBA LAKE ---- HORAS ---- MEJUAH - JUAH ---- NJUAH - JUAH ---- YA'AHOWU ---- SELAMAT DATANG DI BLOG WISATA ALAM DANAU TOBA ---- Dalam hari bumi sedunia, ayo lindungi bumi kita dari bahaya yang mengancamnya. Mari kita bersama - sama untuk menanam pohon, cegah efek rumah kaca, stop pembalakan liar, hemat energi bumi, stop pembuangan limbah ke dalam aliran sungai. Selamatkan bumi kita dari pemanasan global ---- Ayo saudaraku, dukung terus pariwisata Sumatera Utara. Mari berperan dalam mempromosikan wisata danau Toba dan wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara ---- jika anda pingin tukeran link,silahkan add duluan link aku.Lalu konfirmasi melalui shoutmix di blog ini.Nanti akan saya add balik link anda.Terimahkasih sebelumnya ---- Bila anda ingin berkunjung ketempat objek wisata alam danau TOBA dan sekitarnya namun anda tidak mempunyai sanak-saudara di sumatera utara untuk tempat anda singgahi, saya dapat membantu anda untuk mencari penginapan sesuai dengan badget anda dan orang yang bisa memandu anda di sana nantinya, hubungi saya melalui email : renato.bastian45@gmail.com ---- Bagi anda yang ingin dibantu dalam mengiklankan produknya di blog ini, segera hubungi saya di email : renato.bastian45@gmail.com, saya akan bantu anda untuk mengiklankan produk anda di blog ini seperti iklan yang ada pada blog ini. Bagi saudara-saudaraku yang berasal dari tano bona pasogit, bila anda mempunyai informasi terbaru tentang seputar danau toba dan objek wisata yang lain di sumatera utara, segera kirimkan informasi anda melalui email : renato.bastian45@gmail.com, informasi anda sangat dibutuhkan dalam mempromosikan pariwisata sumatera utara. ---- SAVE TOBA LAKE ----

16 May 2009

DINAS PARIWISATA SUMUT HARUS BENAHI DANAU TOBA


**** HORAS **** MEJUAH - JUAH **** NJUAH - JUAH **** YAHOWU ****




Sektor pariwisata Sumatera Utara masih jauh tertinggal dibandingkan dengan provinsi lain. Ke depan, Dinas Pariwisata Sumut diharapkan lebih serius menangani dan membenahi pariwisata di Sumut, khususnya di kawasan Danau Toba.
Hal tersebut disampaikan Direktur Akademi Pariwisata Medan Drs Renalmon Hutahean MM di sela-sela acara Diskusi Panel Kajian Faktual Pencapaian Kabupaten Samosir Menuju Kabupaten Pariwisata di Kampus Akademi Pariwisata (Akpar) Medan, Jumat (8/5). Hadir sebagai pembicara antara lain, Kadis Pariwisata Sumut Nurlisa Ginting diwakili M Tambunan, Prof Dr Robert Sibarani MSc (Guru Besar Fak. Sastra USU), Kadis Perseni Budaya Kabupaten Samosir Drs Mulani Butarbutar dan moderator Drs BM Matondang SH MAP (Ka. Litbang Akademi Pariwisata Medan), juga hadir Pembantu Direktur I Akpar Medan Drs Kosmas Harefa MSi serta Pembantu Direktur II Drs Edison Sinurat MAP.
Menurut Renalmon, tidak seriusnya Dinas Pariwisata Sumut dalam membenahi pariwisata Sumut, khususnya di Danau Toba karena hingga sejauh ini belum ada terlihat tanda-tanda program persiapan Pesta Danau Toba yang sudah diagendakan pada Juli 2009. Kemudian kordinasi pihak Pemprovsu dalam hal ini Dinas Pariwisata Sumut belum dirasakan oleh pemerintah kabupaten/kota yang berada di kawasan pinggiran Danau Toba.
Jika persiapan dan kordinasi tidak segera dilakukan sesegera mungkin, lanjut Renalmon, maka agenda tahunan Pesta Danau Toba, Juli 2009 bisa terancam gagal terlaksana atau tergeser dari bulan Juli tahun ini. “Maka perlu dilakukan kordinasi segera mungkin dengan kabupaten/kota yang ada di wilayah pinggiran Danau Toba. Kordinasi Pemprovsu harus kuat, Akademi Pariwisata Medan siap membantu persiapan agenda pesta tahunan tersebut,” katanya.
Dia juga menyarankan agar sektor parisiwisata Sumut bisa bersaing dengan daerah lain, Pemprovsu dan pemerintah daerah kabupaten/kota segera membenahi infrastruktur dan SDM (Sumber Daya Manusia) para pelaku atau yang menangani pariwisata. “Sebab dengan perbaikan SDM maka para turis bisa lebih terkesan atau lebih lama tinggal di objek wisata yang dikunjunginya,” paparnya.
Sementara Kadis Perseni Budaya Kabupaten Samosir Drs Mulani Butarbutar mengatakan, dalam tahun ini, Pemkab Samosir akan menambah sejumlah kapal verry di daerah-daerah tempat wisata di Samosir. Ini dilakukan untuk memperlancar angkutan wisatawan yang datang ke Samosir. “Bahkan sejumlah jalan-jalan yang menuju objek wisata juga sudah mulai dibenahi. Dengan sejumlah perbaikan itu, wisatawan akan lebih nyaman berwisata di pulau Samosir,” tuturnya.
Menurut dia, untuk program jangka pendek ini pihaknya lebih memfokuskan mendatangkan para wisatawan domestik dan selanjutnya wisatawan mancanegara.
Sedangkan Prof Dr Robert Sibarani MSc menuturkan, Pemkab Samosir ke depan harus bisa menjual segala potensi objek wisata yang ada di Samosir. “Penerbangan juga harus segera dibuka ke Samosir serta Pemkab Samosir harus bisa memperkenalkan Samosir ke dunia modren atau negara-negara maju,” jelasnya.
Selanjutnya, kata dia, masyarakat setempat harus berperan serta dalam kepariwisataan atau diberdayakan untuk mengambil bagian dalam kepariwisataan. “Mereka diberi pelatihan dan dipersiapkan untuk mendapat keuntungan dari kepariwisataan itu,” jelasnya.
Padahal, jika seluruh insan pariwisata dirangkul tentu akan berdampak baik. Pariwisata bangkit, ekonomi kerakrayatan bisa terangkat. “Semuanya harus dilibatkan, bukan sekadar untuk kepentingan bisnis,” ucapnya.
Sementara Tambunan yang mewakili Dinas Pariwisata Sumut menyatakan, sejauh ini pihaknya telah membuat sejumlah program untuk mendatangkan wisatawan ke Sumut, terutama mendatangkan wisatawan demostek. “Dengan program-program yang ditawarkan itu, diharapkan kunjungan wisatawan ke Sumut dapat lebih ramai kedepan,” ucapnya.

SUMBER INFORMASI





3 comments:

Hakimtea said...

sepertinya bukan hanya SUMUT saja yang harus berbenah, daerah pariwisata lain di Indonesia ini juga harus banyak berbenah ya :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Agus Amar Mizwar said...

Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

northsumatratravel said...

salah satu penyebab kurang berkembangnya wisata sumut ialah kurangnya promosi, yang dilakukan dengan berbagai event wisata. selain itu, kesadaran masyarakatnya juga masih kurang. harusnya ada gebrakan dari pemerintah, tapi masyarakatnya juga harus komit.

setidaknya, kita bisa memulai dari hal yang terkecil. blog bisa menjadi media yang efektif mempromosikan aset wisata kita.

info wisata sumut misalnya bisa dilihat di http://northsumatratravel.blogspot.com/ konteks berbahasa inggris...