---- SAVE TOBA LAKE ---- HORAS ---- MEJUAH - JUAH ---- NJUAH - JUAH ---- YA'AHOWU ---- SELAMAT DATANG DI BLOG WISATA ALAM DANAU TOBA ---- Dalam hari bumi sedunia, ayo lindungi bumi kita dari bahaya yang mengancamnya. Mari kita bersama - sama untuk menanam pohon, cegah efek rumah kaca, stop pembalakan liar, hemat energi bumi, stop pembuangan limbah ke dalam aliran sungai. Selamatkan bumi kita dari pemanasan global ---- Ayo saudaraku, dukung terus pariwisata Sumatera Utara. Mari berperan dalam mempromosikan wisata danau Toba dan wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara ---- jika anda pingin tukeran link,silahkan add duluan link aku.Lalu konfirmasi melalui shoutmix di blog ini.Nanti akan saya add balik link anda.Terimahkasih sebelumnya ---- Bila anda ingin berkunjung ketempat objek wisata alam danau TOBA dan sekitarnya namun anda tidak mempunyai sanak-saudara di sumatera utara untuk tempat anda singgahi, saya dapat membantu anda untuk mencari penginapan sesuai dengan badget anda dan orang yang bisa memandu anda di sana nantinya, hubungi saya melalui email : renato.bastian45@gmail.com ---- Bagi anda yang ingin dibantu dalam mengiklankan produknya di blog ini, segera hubungi saya di email : renato.bastian45@gmail.com, saya akan bantu anda untuk mengiklankan produk anda di blog ini seperti iklan yang ada pada blog ini. Bagi saudara-saudaraku yang berasal dari tano bona pasogit, bila anda mempunyai informasi terbaru tentang seputar danau toba dan objek wisata yang lain di sumatera utara, segera kirimkan informasi anda melalui email : renato.bastian45@gmail.com, informasi anda sangat dibutuhkan dalam mempromosikan pariwisata sumatera utara. ---- SAVE TOBA LAKE ----

02 March 2009

Pentingnya Penguasaan Bahasa Asing Bagi Pariwisata

Ini merupakan suatu kisah nyata yang dialami seorang turis asal amerika serikat yang berkunjung di Danau Toba pada Tahun 2006 kemarin. Di saat dia bersama teman wanita mengunjungi pasar tomok yang merupakan pusat penjualan produk souvenir khas orang batak di pulau samosir, dia melihat - meilhat souvenir yang akan di beli dan yang akan di bawa ke negara asalnya. Hingga dia dan bersama teman wanitanya singgah ke suatu kios "amang Gultom" (bapak Gultom = bahasa batak ). Dia tertarik akan suatu tongkat yang terbuat dari kayu. Sang turis itu pun berniat untuk membeli. Kemudian turis itu bertanya penjaga kios yang kebetulan menjaga kios  tersebut bapaknya "amang Gultom" (kakek = omppung/batak)  tersebut. Si turis tersebut bertanya " how is the price?"(yang kalau di buat dalam cara pengucapannya menjadi "hauw is de prais?"). Nah karena kakek tersebut tidak bisa berbahasa inggris dan begitu mendengarkan si Turis ngomong dalam bahasa inggris, si kakek berkata dengan penuh percaya diri "Hauw jior do on amang"  ( indonesianya menjadi = kayu jatinya tongkat ini bapak). Si kakek mengira kalo si turis itu menanyakan kepadanya tentang bahan kayu untuk memnuat tongkat itu.

Kita perlu mengetahui betapa penting untuk bisa berbicara dengan bahasa internasional agar kita tidak menjadi negara yang tertinggal akibat banyak masyarakatnya tidak mengetahui atau tidak menguasai bahasa internasional. Pennguasaan bahasa internasional seperti bahasa inggris dan lain-lain sangat lah penting dalam mendorong dunia pariwisata indonesia pada umumnya dan danau toba pada khususnya. Dengan pengusaan bahasa internasional kita mampu bersaing dengan negara-negara lain dalam perekonomian, budaya, dan juga dalam dunia pariwisata. Kita perlu mengajarkan kepada anak-anak usia muda bahasa internasional. Bila perlu program bahasa inggris harus sudah dimasukkan kedalam program mata pelajaran sekolah dasar (SD). Agar anak-anak indonesia terbiasa untuk berbicara bahasa internasional tanpa menghilangkan bahsa indonesia sebagai bahasa ibu yang kita cintai. Semoga harapan anak muda-mudi dari negeri batak mampu menjadi motivasi kepada dunia pendidikan agar terus meningkatkan pengusaan bahasa internasional yang akhirnya berdampak kepada kemajuan kepariwisataan indonesia pada umumnya dan danau Toba pada khususnya.


Sekian.



2 comments:

MU Fans said...

ya pasti lah cak...jangankan di bidang pariwisata, di bidang2 lain jg hrs ngerti bhs inggris...

daftar rumah murah bekasi said...

kunjungan pertama.....
manfaat banget website/Blog nya.....
keep posting yang positif gan/sist..
ijin lihat-lihat blog/website nya ya.....

jangan lupa kunjungi website saya ya :)

Daftar rumah Murah Tambun-Bekasi tahun 2015-2016