---- SAVE TOBA LAKE ---- HORAS ---- MEJUAH - JUAH ---- NJUAH - JUAH ---- YA'AHOWU ---- SELAMAT DATANG DI BLOG WISATA ALAM DANAU TOBA ---- Dalam hari bumi sedunia, ayo lindungi bumi kita dari bahaya yang mengancamnya. Mari kita bersama - sama untuk menanam pohon, cegah efek rumah kaca, stop pembalakan liar, hemat energi bumi, stop pembuangan limbah ke dalam aliran sungai. Selamatkan bumi kita dari pemanasan global ---- Ayo saudaraku, dukung terus pariwisata Sumatera Utara. Mari berperan dalam mempromosikan wisata danau Toba dan wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara ---- jika anda pingin tukeran link,silahkan add duluan link aku.Lalu konfirmasi melalui shoutmix di blog ini.Nanti akan saya add balik link anda.Terimahkasih sebelumnya ---- Bila anda ingin berkunjung ketempat objek wisata alam danau TOBA dan sekitarnya namun anda tidak mempunyai sanak-saudara di sumatera utara untuk tempat anda singgahi, saya dapat membantu anda untuk mencari penginapan sesuai dengan badget anda dan orang yang bisa memandu anda di sana nantinya, hubungi saya melalui email : renato.bastian45@gmail.com ---- Bagi anda yang ingin dibantu dalam mengiklankan produknya di blog ini, segera hubungi saya di email : renato.bastian45@gmail.com, saya akan bantu anda untuk mengiklankan produk anda di blog ini seperti iklan yang ada pada blog ini. Bagi saudara-saudaraku yang berasal dari tano bona pasogit, bila anda mempunyai informasi terbaru tentang seputar danau toba dan objek wisata yang lain di sumatera utara, segera kirimkan informasi anda melalui email : renato.bastian45@gmail.com, informasi anda sangat dibutuhkan dalam mempromosikan pariwisata sumatera utara. ---- SAVE TOBA LAKE ----

07 March 2009

Wisatawan Mancanegara Ke Sumatera Utara Mencapai 18.040 Orang Tahun 2008

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumut melalui tiga pintu masuk pada Desember 2008 mencapai 18.040 orang, meningkatkan 41,12% dibanding November 2008. Jika dibandingkan yang sama tahun lalu, jumlah wisman Desember 2008 mengalami peningkatan 31,31% yaitu dari 13.844 orang menjadi 18.040 orang.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut Nurlisa Ginting kepada wartawan, Selasa (17/2) pada acara Bersama Membangun Kebudayaan dan Pariwisata Sumut di Tiara Convention Center, Medan .
Dia mengatakan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut ke depan akan meningkatkan kunjungan wisata ke Sumut melalui program paket wisata. Selain itu akan dibuat juga kalender even pada tahun ini.
Menurut dia, tahun ini akan dibuat paket-paket wisata. Melalui paket itu akan diberikan paket murah bagi wisatawan yang akan berkunjung pada satu kawasan objek wisata.
“Mulai dari hotel hingga transportasi akan diberikan dengan harga murah atau di bawah harga standar. Itu merupakan program awal yang akan dilakukan untuk menarik wisatawan masuk ke daerah ini,” katanya.
Agar program itu dapat terlaksana, Disbudpar terlebih dahulu menentukan daerah tujuan wisata yang dapat dikunjungi. Pada daerah tujuan wisata itu akan dibuat even tertentu sesuai dengan potensi masing-masing daerah. Namun hingga saat ini, belum ada penentuan khusus daerah tujuan wisata dan even apa yang akan dilakukan pada daerah tersebut.
Lanjut Nurlisa, paket wisata ini termasuk dalam program pengembangan pemasaran yang merupakan satu dari tujuh program Disbudpar pada tahun ini. Selain paket wisata, untuk pengembangan pemasaran pihaknya juga mengagendakan pengadaan bahan-bahan promosi serta berpartisipasi pada even yang diselenggarakan baik dalam negeri atau antar provinsi.
Disbudpar juga akan menyiapkan kalender even yang akan diletakkan pada seluruh travel dan organisasi pariwisata. Dengan adanya kalender even maka wisatawan akan tertarik untuk mengetahui objek wisata apa saja yang terdapat di daerah ini.
“Tidak hanya wisatawan, partisipasi masyarakat pada daerah itu juga akan meningkat. Dengan begitu maka bisnis wisata akan lebih terarah,” ucapnya.
Untuk mewujudkannya, pihaknya sangat mengharapkan partisipasi dari seluruh stakeholder mulai dari instansi pemerintah kabupaten/kota, organisasi pariwisata seperti Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) serta lainnya. Kemudian travel hingga masyarakat setempat. “Ini tidak hanya untuk meningkatkan kunjungan wisata, tetapi juga untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan budaya,” ujarnya.
Sedangkan Ketua DPD Indonesian Congress Convention and Exhibition (INCCA) Sumut Didit Mahadi Kadar yang hadir pada saat itu mengatakan, dukungan dan partisipasi akan diberikan sepenuhnya untuk mengembangkan tujuan wisata di daerah ini. Asosiasi industri pariwisata ini siap memberikan masukan kepada disbudpar mengenai even-even apa saja yang bisa dilakukan.
“Kami siap untuk membantu menyukseskan program pariwisata yang akan dikembangkan di daerah ini. Sebagai ketua asosiasi industri pariwisata, kami mempunyai tanggungjawab akan hal itu,” katanya.




2 comments:

Hakimtea said...

wow mantab sekali jumlah wisatawannya sepertinya mengalahkan seluruh daerah pariwisata ain di Indonesia ini :) sukses deh buat Industri pariwisata Sumatera Utara!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Agus Amar Mizwar said...

Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang