---- SAVE TOBA LAKE ---- HORAS ---- MEJUAH - JUAH ---- NJUAH - JUAH ---- YA'AHOWU ---- SELAMAT DATANG DI BLOG WISATA ALAM DANAU TOBA ---- Dalam hari bumi sedunia, ayo lindungi bumi kita dari bahaya yang mengancamnya. Mari kita bersama - sama untuk menanam pohon, cegah efek rumah kaca, stop pembalakan liar, hemat energi bumi, stop pembuangan limbah ke dalam aliran sungai. Selamatkan bumi kita dari pemanasan global ---- Ayo saudaraku, dukung terus pariwisata Sumatera Utara. Mari berperan dalam mempromosikan wisata danau Toba dan wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara ---- jika anda pingin tukeran link,silahkan add duluan link aku.Lalu konfirmasi melalui shoutmix di blog ini.Nanti akan saya add balik link anda.Terimahkasih sebelumnya ---- Bila anda ingin berkunjung ketempat objek wisata alam danau TOBA dan sekitarnya namun anda tidak mempunyai sanak-saudara di sumatera utara untuk tempat anda singgahi, saya dapat membantu anda untuk mencari penginapan sesuai dengan badget anda dan orang yang bisa memandu anda di sana nantinya, hubungi saya melalui email : renato.bastian45@gmail.com ---- Bagi anda yang ingin dibantu dalam mengiklankan produknya di blog ini, segera hubungi saya di email : renato.bastian45@gmail.com, saya akan bantu anda untuk mengiklankan produk anda di blog ini seperti iklan yang ada pada blog ini. Bagi saudara-saudaraku yang berasal dari tano bona pasogit, bila anda mempunyai informasi terbaru tentang seputar danau toba dan objek wisata yang lain di sumatera utara, segera kirimkan informasi anda melalui email : renato.bastian45@gmail.com, informasi anda sangat dibutuhkan dalam mempromosikan pariwisata sumatera utara. ---- SAVE TOBA LAKE ----

20 January 2009

Kok Bisa Begini ?




Jalan raya menuju objek wisata Danau Toba-Garoga melalui Sidamanik, Toba Sari hingga Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara rusak parah, sehingga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas kendaraan wisatawan yang mengunjungi daerah wisata itu.

Dari pantauan, Sabtu, rombongan wisatawan lokal dari Medan yang melakukan perjalanan ke Danau Toba melalui jalan darat mulai dari simpang Sidamanik, kemudian melintasi kawasan perkebunan teh Toba Sari hingga Tigaras banyak mendapati lubang-lubang besar.

Kerusakan jalan paling parah menuju objek wisata Danau Toba melalui Garoga hingga puncak Simarjarunjung, mencapai puluhan kilometer dan di kawasan perkebunan teh Toba Sari jalan berlubang bagai kubangan kerbau yang dipenuhi air hingga ketinggian 30 cm.

“Masyarakat setempat yang mungkin merasa kesal dengan pemerintah daerah setempat yang tidak kunjung memperbaiki jalan ke daerah wisata tersebut menanam sejumlah pohon bunga di tengah jalan,” kata Tono dan Sugianto yang membawa keluarganya menikmati libur akhir tahun.

Rombongan wisatawan dari Medan tersebut mengatakan mereka sengaja melakukan perjalanan sebelum menuju Danau Toba, Parapat melalui Sidamanik, Garoga, Tigaras dan puncak tertinggi Simarjarunjung yang udaranya cukup dingin.

Namun, wisatawan lokal yang kemudian menginap di Garoga menyatakan perjalanan mereka terganggu dan letih akibat kerusakan jalan dan hal itu juga dikeluhkan puluhan wisatawan yang mengaku dari Tembung dan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang.

Salah seorang pemandu wisata di Tigaras, Wati, mengatakan kerusakan jalan raya dari Sidamanik-Garoga-Tigaras-Simarjarunjung pernah beberapa kali diperbaiki, tapi tidak lama rusak lagi dan ini sudah lama sepertinya dibiarkan.

Padahal, menurutnya pemandangan menuju Danau Toba melalui perkebunan teh, perkebunan kopi dan nenas cukup indah dan sejuk sekaligus agrowisata yang menarik.

Justru daerah wisata melalui jalan tersebut banyak didatangi wisatawan mancanegara sebelum mereka menginap di Tigaras, Parapat atau di Pulau Samosir, ujar pemandu wisata lokal tersebut.


berdasarkan harian SIB.

2 comments:

ayik said...

wuih...parah banget gitu jalannya, ckckckck...!!!
btw kamu udah pernah ke danau toba belum?asiik ga?

renato said...

yah itu lah kenyataan pahit dari kampung halaman aku.....

yach aku dah bosen banget tinggal di danau toba....
aku tahu semua tentang danau toba....