---- SAVE TOBA LAKE ---- HORAS ---- MEJUAH - JUAH ---- NJUAH - JUAH ---- YA'AHOWU ---- SELAMAT DATANG DI BLOG WISATA ALAM DANAU TOBA ---- Dalam hari bumi sedunia, ayo lindungi bumi kita dari bahaya yang mengancamnya. Mari kita bersama - sama untuk menanam pohon, cegah efek rumah kaca, stop pembalakan liar, hemat energi bumi, stop pembuangan limbah ke dalam aliran sungai. Selamatkan bumi kita dari pemanasan global ---- Ayo saudaraku, dukung terus pariwisata Sumatera Utara. Mari berperan dalam mempromosikan wisata danau Toba dan wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara ---- jika anda pingin tukeran link,silahkan add duluan link aku.Lalu konfirmasi melalui shoutmix di blog ini.Nanti akan saya add balik link anda.Terimahkasih sebelumnya ---- Bila anda ingin berkunjung ketempat objek wisata alam danau TOBA dan sekitarnya namun anda tidak mempunyai sanak-saudara di sumatera utara untuk tempat anda singgahi, saya dapat membantu anda untuk mencari penginapan sesuai dengan badget anda dan orang yang bisa memandu anda di sana nantinya, hubungi saya melalui email : renato.bastian45@gmail.com ---- Bagi anda yang ingin dibantu dalam mengiklankan produknya di blog ini, segera hubungi saya di email : renato.bastian45@gmail.com, saya akan bantu anda untuk mengiklankan produk anda di blog ini seperti iklan yang ada pada blog ini. Bagi saudara-saudaraku yang berasal dari tano bona pasogit, bila anda mempunyai informasi terbaru tentang seputar danau toba dan objek wisata yang lain di sumatera utara, segera kirimkan informasi anda melalui email : renato.bastian45@gmail.com, informasi anda sangat dibutuhkan dalam mempromosikan pariwisata sumatera utara. ---- SAVE TOBA LAKE ----

14 April 2009

PERSIAPAN DALAM WISATA ATAU PERJALANAN

Dalam postingan berikut saya akan memaparkan beberapa hal yang mungkin sebagian besar orang menganggap hal sepele dalam melakukan setiap perjalanan. jangan pernah anggap sepele akan informasi ini. mohon diperhatikan bagi anda yang akan melakukan perjalanan atau bagi anda wisata yang akan melakukan wisata. semoga informasi ini beguna bagi kita semua.


Beberapa hala yang perlu diprehatikan dalam setiap perjalanan yaitu :


A. KIAT MENGEPAK SAAT HENDAK BEPERGIAN


Ada dua jenis orang bepergian di dunia ini: mereka yang bawaannya sedikit dan mereka yang berharap bawaanya bisa sedikit. Masuk kategori manakah Anda? Agar semua barang yang dibutuhkan selama perjalanan masuk dalam tas namun tas tetap terasa ringan serta kelihatan ringkas, ikuti panduan berikut.
Buat Rencana dan Berpeganglah Pada Rencana Itu

Seperti seorang arsitek yang membangun gedung, begitu pula orang merencanakan isi koper. Buatlah daftar barang bawaan. Daftar barang dapat mencegah kepanikan pada menit-menit terakhir proses pengepakan, berfungsi sebagai panduan ketika mengepak lagi pada akhir perjalanan, dan berguna dalam kondisi tidak menguntungkan seperti kehilangan atau kecurian bagasi.

Ketika merencanakan pakaian mana saja yang hendak dibawa, pertimbangkan acara yang akan Anda ikuti, siang atau malam hari, dan catat perlengkapan (pakaian) yang mungkin cocok untuk setiap acara. Periksa kembali daftar untuk memastikan jika sepotong pakaian dapat dipakai untuk berbagai acara. Bawalah pakaian yang bisa berpadu dengan yang lain, berdasarkan kesesuaian warna.

Periksa ramalan cuaca di daerah tujuan dan buat rencana berdasarkan ramalan tersebut. Pastikan Anda tahu kebiasaan masyarakat lokal, misalnya pakai t-shirt untuk jamuan makan malam bisa menjadi satu kesalahan fatal, atau baju lengan buntung mungkin akan menghalangi Anda memasuki ke tempat-tempat seperti Basilika Santo Petrus di Vatican City. Untuk hampir semua kegiatan luar ruang, bawalah beberapa pakaian yang bisa dipakai berlapis.

Abaikan aturan kenakan pakaian sesuai dengan acara. Dunia saat ini umumnya memberi kelonggarkan terhadap dress code - untuk turis tampaknya ada semacam tolenransi. Warna gelap -pakaian warna hitam atau blue jaket- memungkin Anda bisa masuk ke berbagai acara makan malam dan pertunjukkan.

Mengepak atau Tidak Mengepak? Itulah Pertanyaannya!

Begitu daftar pakaian telah dibuat, berpatokanlah pada hal itu. Saat mengepak, tatalah jenis barang yang hendak Anda bawa dan periksalah kembali daftar. Pastikan bahwa pakaian yang hendak dibawa itu bersih serta siap untuk dikemas. Kontak biro perjalanan mengenai ketersedian berbagai perlengkapan kamar hotel, seperti hair dryer, seterikaan dan papan seterika, sabun, sampo, dan lain sebagainya, sehingga Anda tahu apa yang tidak perlu dan yang harus dibawa.

Untuk perhiasan prinsipnya adalah jangan bawa barang berharga jika Anda tidak mau kehilangan barang tersebut. Jangan bawa pakaian yang dapat menarik pencuri. Bawa perlengkapan make up secukupnya demi menghemat ruang, tidak usah bawa parfum jika pelembab saja sudah cukup.

Khusus untuk alat-alat kecantikan, travel kits selalu menjadi jawaban. Punya travel kit yang selalu tersedia dalam kotak yang kedap air akan menghemat waktu mengepak sebelum perjalanan dan huru-hara setelah kepulangan. Kebanyakan alat-alat kecantikan personal untuk kepentingan traveling tidaklah mahal, jadi belilah perlengkapan semacam itu kapan saja Anda lihat sehingga saat tiba di tempat tujuan, Anda tidak bingung karena botol gel rambut kesukaan Anda kosong misalnya. Jangan mengisi botol sampai penuh karena tekanan udara dalam kabin pesawat dapat menyebabkan isi botol jadi kepenuhan dan meluber.

Setiap barang yang hendak Anda bawa, visualisasikan bagaimana membuatnya jadi lebih kecil, seperti mem-fotocopy halaman atau peta tertentu dari sebuah buku panduan alih-alih membawa buku itu seutuhnya. Biasakan hidup efisien. Bawalah hanya satu botol pelembab untuk aneka kebutuhan alih-alih bawa banyak botol pelembab untuk tangan, kaki, dan wajah. Bawalah sikat gigi biasa atau pisau cukur dari pada yang model elektrik.

Film dan aneka aksesoris dapat dibeli di mana saja dan biasanya mudah memperolehnya, jadi berhematlah ruang koper dengan meninggalkan barang-barang seperti itu di rumah. Ciptakan sedikit petualangan dalam perjalanan dengan mencari tempat belanja barang lokal untuk deodorant dan pelembab.

Saat terjadi peristiwa insidental, sejumlah barang akan sangat diperlukan. Barang-barang penting yang diperlukan antara lain alat-alat P3K, kaleng berisi aspirin, dan pelembab anti matahari, serta pengering khusus dalam ruangan jika memang diperlukan. Pisau Swiss akan sangat membantu, baik untuk mengupas buah atau pun membuka botol. Ingat, pisau swiss tidak diijinkan masuk pesawat, jadi bawalah pisau itu dalam bagasi yang sudah dicek

Begitu travel kit Anda lengkap, pastikan itu dikemas dalam tas yang selalu Anda bawa dan pastikan itu semua ada di tangan Anda selama penerbangan.

Seni Mengepak

Sekarang Anda tahu apa yang dibawa, mulailah mengepak. Setrika semua pakaian sebelum dimasukan ke dalam tas. Jika semuanya rapi dan bersih, besar kemungkinan pakaian itu akan tetap rapi dan bersih ketika akan dikeluarkan. Kancing semua kancing dan tutup semua resleting.

Belajarlah melipat. Lipatlah seperti orang di toko-toko pakaian -mereka menggunakan metode itu untuk suatu alasan. Semakin baik lipatan, semakin sedikit kusutan pada baju. Semua pakaian dapat dilipat dalam aneka cara, t-shirt, jeans, kemeja dan pakaian olah raga dapat digulung dan ditempatkan dalam tas ransel atau travel pack.

Metode saling mengunci (interlock) dalam melipat pakaian sangat ideal untuk penyimpanan dalam koper. Tumpukkan dua potong pakaian secara merata kemudian lipat yang satu ke dalam yang lain sehingga yang satu melindungi yang lain supaya tidak lecek. Letakan kertas tisu di antara lapisan pakaian juga akan membantu mencegah pakaian jadi kusut.

Jika menggunakan metode melipat dan menumpuk, tatalah secara kronologis, tempatkan pakaian yang dipakai pertama kali di posisi paling atas. Hal ini akan mencegah isi koper diobrak-abrik untuk mencari pakaian tertentu yang hendak dipakai. Paklah dengan kencang atau ketat. Pengepakan yang longgar akan menyisakan ruang yang sesungguhnya berguna dan dapat menyebabkan pakaian lecek. Hindari adanya ruang kosong, seperti di dalam sepatu. Bagian dalam sepatu sangat cocok untuk kaus kaki atau pakaian dalam.

Bawalah selalu dokumen perjalanan, obat-obatan, perhiasan, traveler's checks, kunci dan barang-barang berhargai lainnya dalam tas jinjing (tas yang selalu melekat pada Anda). Barang-barang seperti itu jangan pernah dimasukan dalam bagasi.

Beri label pada setiap koper, pada bagian dalam maupun luar, dengan nama dan nomor teleponAnda, tetapi jangan menuliskan alamat rumah. Jika alamat diperlukan, cantumkan saja alamat kantor.

Keluarkan atau periksa isi tas segera setelah Anda tiba di hotel demi mencegah pakaian tambah lecek. Ketika Anda hendak pulang ke rumah, ingatlah bahwa pakain kusut dan kotor membutuhkan banyak tempat. Maka, telitilah saat melipat pakaian, kemaskan barang-barang Anda sama seperti saat Anda pertama kali meninggalkan rumah.


B. CARA AMAN MEMABAWA UANG SAAT BEPERGIAN

Jangan bawa banyak uang tunai! Ini salah satu tips umum bagi orang yang bepergian. Namun banyak atau sedikit jumlah uang yang dibawa, Anda tetap membutuhkan kiat jitu agar uang atau alat pembayaran lain yang dibawa tetap aman. Silakan simak tips berikut.

JANGAN menaruh telur dalam satu keranjang. Demi mengurangi risiko, simpan uang dan alat pembayaran lain (kartu debit, kredit, atau traveler's cheque) di berbagai tempat dalam tas dan kantong pakaian. Ini merupakan langkah antisipatif agar ketika salah satu tempat penyimpanan itu bermasalah, katakan isinya dicopet orang, masih ada kantong-kantong pendanaan lain untuk melanjutan perjalanan. Namun Anda harus ingat tempat-tempat penyimpanan itu. Kelupaan bisa membuat bencana tersendiri.

CIPTAKAN tempat-tempat penyimpanan uang atau kartu selain mengandalkan dompet atau tas pinggang. Money belt merupakan salah satu pilihan yang aman. Money belt ada yang berbentuk seperti ikat pinggang dengan sejumlah kantong di bagian dalamnya. Ada juga yang modelnya berupa kantong bertali yang diikatkan di pinggang dan dipakaikan seperti baju dalam.

KHUSUS untuk perempuan, Anda bisa membuat kantong kecil yang bisa diselipkan di bagian dalam bra (bra money pocket). Kantong ajaib itu bisa dipindahkan ketika Anda mengganti bra.

UNTUK alat pembayaran berupa kartu kredit, kartu debit atau traveler's cheque, sebaiknya Anda membawa kartu yang diterbitkan bank atau lembaga keuangan yang punya jaringan internasional agar mudah digunakan di mana-mana. Sebelum berangkat pastikan bahwa daerah tujuan Anda memiliki fasilitas teknologi dan jaringan lembaga keuangan yang memungkinkan alat-alat pembayaran itu bisa digunakan.

JIKA Anda ke luar negeri, tukarkan terlebih dahulu sebagian uang dengan mata uang yang berlaku di negara tujuan. Uang dollar Amerika Serikat (AS) umumnya bisa diterima di mana-mana. Money changer umunya hanya mau menerima uang dalam kondisi baik. Pastikan setiap lembar uang Anda tersimpan rapi, tidak dilipat dan tidak ada bekas lipatan.


C. CARA MENYIAPKAN BUDGET DALAM PERJALANAN NANTINYA

Beberapa minggu kedepan anda akan memasuki masa liburan sekolah, dimana putra-putri anda yang masih usia sekolah akan mendapat liburan panjang usai menjalani ujian akhir. Sebagian besar keluarga menjadikannya moment liburan sekolah sebagai moment untuk melakukan perjalanan wisata keluarga.

Liburan yang baik adalah liburan yang selain berkesan bagi semua yang menjalaninya, juga tidak menimbulkan permasalahan lain, terutama masalah keuangan sesudahnya. Jika hal tersebut terjadi yang ada bukan having fun yang anda dapatkan, tapi malapetaka. Untuk itu dibutuhkan sebuah perencanaan budget liburan yang bijaksana agar kecerian liburan pada saat dan sesudah liburan terwujud. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi anda dalam menyusun anggaran liburan:

1. Lakukan review dari pengeluaran liburan tahun lalu

Seberapa besar budget yang sanggup untuk anda keluarkan untuk liburan tahun ini bisa dilihat dari pengeluaran liburan anda tahun lalu. Reviewlah pengeluaran anda tahun lalu, dari mulai makanan, penginapan, transportasi, pakaian khusus, kartu pos, tiket masuk tempat wisata, oleh-oleh, sampai biaya printilan-printilan kecil lainnya. Yang terpenting anda harus jujur dalam membuat review ini.

2. Perhatikan apakah pengeluaran anda tahun lalu sesuai target atah malah nombok

Setelah anda melakukan review pengeluaran liburan tahun lalu, kini saatnya anda tentukan apakah pengeluaran liburan anda tahun lalu sesuai target atau malah melebihinya hingga anda harus nombok. Jika pengeluaran anda sesuai budget maka anda akan dapat angka target budget liburan anda tahun ini.

3. Jika dana anda belum mencapai perkiraan budget liburan tahun ini

Jika ternyata setelah dihitung dana anda belum mencapai budget liburan anda tahun ini, yang harus anda lakukan adalah berkomunikasi dengan anggota keluarga anda. Bicarakan apa yang mungkin bisa kalian lakukan bersama untuk memenuhi budget itu, misalnya dengan mengurangi budget makan direstoran, membawa bekal ke sekolah atau kekantor, mengurangi biaya nonton film ke bioskop dan sebagainya.

4. Buat list oleh-oleh; kemudian cek list tersebut dua kali

Catatlah setiap orang yang mungkin ingin anda beri oleh-oleh, termasuk juga list dari suami dan anak-anak anda, pastikan anda mengecek nya dua kali agar tidak ada yang terlupa. Tentukan nilai oleh-oleh tersebut, lalu tetaplah stick pada nilai tersebut.

5. Say No pada Godaan

Sebuah toko paling tahu bagaimana cara mendisplay produk-produknya sehingga membuat siapapun yang melihat tergoda untuk membeli. Dari pada terlanjur merasa bersalah kemudian, ada baiknya anda bisa menahan godaan tersebut.

6. Putuskan cara pembayaran yang anda pilih

Konsultan keuangan seringkali menyarankan kita untuk selalu melakukan pembayaran dengan cara cash, hal ini bertujuan untuk menjaga agar pengeluaran anda tidak melebihi budget yang anda sediakan, namun kadang kala membayar dengan kredit card menawarkan kemudahan bagi penggunanya.

7. Jangan stres karena pengaturan budget

Jangan biarkan pengaturan budget liburan memancing emosi anda hingga membuat anda stres karena menahan keinginan anda membeli sesuatu, sebalik lihatlah sisi jangka panjangnya, dimana anda akan merasakan manfaatnya saat setelah masa liburan berakhir. Menghindari pengeluaran yang berlebihan saat liburan adalah hadiah terbaik yang akan anda terima pasca liburan anda kelak.

5 comments:

bayu nugroho said...

aduhhh spertinya eike kalo bepergian harus bawa2 alat2 kecantikan yang banyak deh,....

Moch Taviv said...

Thanks Tips nya, yang puyeng giliran packing punya anak, banyak buanget yang di bawa he he

moratmarit said...

Artikel yg bagus, makasih infonya.
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang moratmarit

Hakimtea said...

sip tips yang bermanfaat bagi yang akan berwisata :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Agus Amar Mizwar said...

Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang