---- SAVE TOBA LAKE ---- HORAS ---- MEJUAH - JUAH ---- NJUAH - JUAH ---- YA'AHOWU ---- SELAMAT DATANG DI BLOG WISATA ALAM DANAU TOBA ---- Dalam hari bumi sedunia, ayo lindungi bumi kita dari bahaya yang mengancamnya. Mari kita bersama - sama untuk menanam pohon, cegah efek rumah kaca, stop pembalakan liar, hemat energi bumi, stop pembuangan limbah ke dalam aliran sungai. Selamatkan bumi kita dari pemanasan global ---- Ayo saudaraku, dukung terus pariwisata Sumatera Utara. Mari berperan dalam mempromosikan wisata danau Toba dan wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara ---- jika anda pingin tukeran link,silahkan add duluan link aku.Lalu konfirmasi melalui shoutmix di blog ini.Nanti akan saya add balik link anda.Terimahkasih sebelumnya ---- Bila anda ingin berkunjung ketempat objek wisata alam danau TOBA dan sekitarnya namun anda tidak mempunyai sanak-saudara di sumatera utara untuk tempat anda singgahi, saya dapat membantu anda untuk mencari penginapan sesuai dengan badget anda dan orang yang bisa memandu anda di sana nantinya, hubungi saya melalui email : renato.bastian45@gmail.com ---- Bagi anda yang ingin dibantu dalam mengiklankan produknya di blog ini, segera hubungi saya di email : renato.bastian45@gmail.com, saya akan bantu anda untuk mengiklankan produk anda di blog ini seperti iklan yang ada pada blog ini. Bagi saudara-saudaraku yang berasal dari tano bona pasogit, bila anda mempunyai informasi terbaru tentang seputar danau toba dan objek wisata yang lain di sumatera utara, segera kirimkan informasi anda melalui email : renato.bastian45@gmail.com, informasi anda sangat dibutuhkan dalam mempromosikan pariwisata sumatera utara. ---- SAVE TOBA LAKE ----

27 April 2009

KERAJAAN NAGUR

Nah mungkin bagi anda penduduk yang berdomisili di daerah simalungun sudah tidak asing lagi mendengar tentang sejarah kerajaan NAGUR ini. Memang tidak banyak tahu tentang sejarah kerajaan ini kerena kerajaan ini tidak begitu besar. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kerajaan tersebut pernah berdiri di tanah batak, di Sumatera Utara. Saya akan bercerita sedikit tentang kerajaan tersebut agar anda yang ingin berkunjung ke Sumatera utara mempunyai daftar perjalanan. Berikut sejarah kerajaan tersebut :


Kerajaan Nagur diperintah secara turun-temurun oleh raja marga Damanik. Semua raja yang pernah memerintah kerajaan ini dijuluki sebagai Raja Nagur. Kerajaan ini bermula sekitar abad ke-14, atau bersamaan waktunya dengan masuknya bangsa Eropah ke Nusantara, dan berakhir sekitar tahun 1770 oleh serangan dari kerajaan Raya yang kala itu diperintah oleh Raja Martuah. Nama "Nagur" ini sekarang diabadikan sebagai nama-nama jalan di beberapa tempat di kabupaten Simalungun. Salah-satunya di kelurahan Sondiraya, kecamatan Raya.


Seperti halnya kerajaan Batangiou, pusat pemerintahan kerajaan ini juga belum diketahui secara pasti. Pdt. J. Wismar Saragih Sumbayak menginventaris dua pendapat yang berbeda, yakni (1)"dekat Tigarunggu" dan (2)"dekat Nagaraja" dengan alasan di sekitar Nagaraja banyak perkampungan yang mengandung nama Nagur, seperti Nagur Bayu, Nagur Usang, Mariah Nagur dan Nagur Raja (sekarang Nagaraja). Pendapat yang lain lagi (Somen Purba, B.A.) mengatakan kerajaan Nagur berdiri di Dolok Silou. Sementara Taralamsyah Saragih Garingging dalam bukunya berjudul "SARAGIH GARINGGING" dengan tegas menyebutkan "Rumah Bolon Nagur" (dapat diartikan sebagai "Istana Nagur") di Nagurusang.

Pada masa jayanya kerajaan Nagur memiliki wilayah yang sangat luas, lebih luas dari kabupaten Simalungun sekarang. Wilayahnya membentang dari tepi timur Danau Toba sampai ke daerah pesisir pantai timur wilayah Sumatera Utara sekarang dan dari Hinalang di utara sampai ke wilayah kabupaten Asahan sekarang. Jadi, wilayah kabupaten Deli Serdang sekarang, pada awalnya juga masih dalam kekuasaan Raja Nagur sebelum didirikannya kerajaan Deli (1508) oleh marga Munthe yang akhirnya direbut oleh pendatang Maya-maya (sebutan orang Simalungun untuk suku bangsa Melayu).

Dengan berdirinya kerajaan Deli, serta ditaklukkannya penguasa-penguasa daerah pesisir pantai (dan dijadikan kerajaan-kerajaan kecil yang tunduk kepada pemerintah Aceh) pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, wilayah Nagur semakin sempit.
Pada saat itulah muncul panglima tangguh di kerajaan Nagur, yakni Tuan Raya Simbolon, leluhur Raja Raya).

2 comments:

hakimtea said...

Mantab informasi mengenai kerajaan Nagurnya nih, jadi tahu sekarang kerajaan ini diperintah secara turun-temurun oleh raja marga Damanik. :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

Agus Amar Mizwar said...

Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang