---- SAVE TOBA LAKE ---- HORAS ---- MEJUAH - JUAH ---- NJUAH - JUAH ---- YA'AHOWU ---- SELAMAT DATANG DI BLOG WISATA ALAM DANAU TOBA ---- Dalam hari bumi sedunia, ayo lindungi bumi kita dari bahaya yang mengancamnya. Mari kita bersama - sama untuk menanam pohon, cegah efek rumah kaca, stop pembalakan liar, hemat energi bumi, stop pembuangan limbah ke dalam aliran sungai. Selamatkan bumi kita dari pemanasan global ---- Ayo saudaraku, dukung terus pariwisata Sumatera Utara. Mari berperan dalam mempromosikan wisata danau Toba dan wisata lainnya yang ada di Sumatera Utara ---- jika anda pingin tukeran link,silahkan add duluan link aku.Lalu konfirmasi melalui shoutmix di blog ini.Nanti akan saya add balik link anda.Terimahkasih sebelumnya ---- Bila anda ingin berkunjung ketempat objek wisata alam danau TOBA dan sekitarnya namun anda tidak mempunyai sanak-saudara di sumatera utara untuk tempat anda singgahi, saya dapat membantu anda untuk mencari penginapan sesuai dengan badget anda dan orang yang bisa memandu anda di sana nantinya, hubungi saya melalui email : renato.bastian45@gmail.com ---- Bagi anda yang ingin dibantu dalam mengiklankan produknya di blog ini, segera hubungi saya di email : renato.bastian45@gmail.com, saya akan bantu anda untuk mengiklankan produk anda di blog ini seperti iklan yang ada pada blog ini. Bagi saudara-saudaraku yang berasal dari tano bona pasogit, bila anda mempunyai informasi terbaru tentang seputar danau toba dan objek wisata yang lain di sumatera utara, segera kirimkan informasi anda melalui email : renato.bastian45@gmail.com, informasi anda sangat dibutuhkan dalam mempromosikan pariwisata sumatera utara. ---- SAVE TOBA LAKE ----

30 December 2009

MUSEUM SIMALUNGUN ALTERNATIF WISATA MASYARAKAT PEMATANGSIANTAR


**** HORAS **** MEJUAH - JUAH **** NJUAH - JUAH **** YA'AHOWU ****





Keberadaan Museum dan rumah Bolon adat Pematang Purba hendaknya menjadi alternatif kunjungan bagi wisatawan yang datang ke daerah ini, terutama pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2009 ini.
S Andreas Lingga Kepala Museum Simalungun, Jumat (18/12), mengatakan Museum Simalungun diresmikan pada 30 April 1940 di Jalan Jenderal Sudirman Pematangsiantar memiliki 860 benda yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang berasal dari etnis Batak Simalungun dari jenis etnografika, arkeologika, numismatika dan keramika.
Dijelaskannya, sampai saat ini museum belum menjadi tujuan wisata jika dilihat dari kunjungan wisatawan ke museum Simalungun, sejak tahun 1999 terus menurun.
Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke museum, khususnya dari kalangan pelajar pernah diminta kepada Departemen Pendidikan untuk meminta sekolah membuat program kunjungan ke museum bagi kalangan siswa sekolah. “Himbauan itu sebagai upaya mengoptimalkan fungsi museum di daerah sebagai bagian dari pembelajaran karena museum memiliki multifungsi sebagai objek pendidikan, objek wisata, dan rekreasi,” kata Andreas Lingga.
Ia mengatakan bahwa peran museum sangat strategis untuk membantu generasi muda, khususnya siswa sekolah agar bisa mempelajari sejarah maupun asal muasal bangsa dan perjuangannya, khususnya kebudayaan Simalungun. Dengan demikian, mereka tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang bangsanya melalui teori dalam pelajaran di sekolah.
Seyogianya Museum merupakan jembatan dan benteng kebudayaan serta salah satu media jaringan informasi kebudayaan Simalungun yang mengandung filosofi berkaitan dengan nilai historis, kultural edukatif, sosial, estetik dan religius yang dapat dilihat langsung sehingga siswa bisa mengapresiasikannya dan bukan seperti yang dikesankan hanya sebagai tempat menyimpan barang-barang kuno, jelasnya.SUMBER INFORMASI



Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

No comments: